xATU1-Ngobrolin Pseudocode: Bahasa Rahasia Programer yang Gampang Dimengerti (Khusus Anak ATU SMK N 1 Kedawung Sragen!) 🐔💡





Ngobrolin Pseudocode: Bahasa Rahasia Programer yang Gampang Dimengerti (Khusus Anak ATU SMK N 1 Kedawung Sragen!) 🐔💡

Halo dulur peternak unggas! Gimana kabar ternak di kandang? Semoga sehat selalu, ya. Khususnya buat teman-teman di Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMK Negeri 1 Kedawung Sragen, sudah siap panen hari ini?

Pernah denger istilah Pseudocode? Jangan keburu pusing denger kata-kata teknis gitu. Anggap aja ini adalah "cetak biru" atau "resep rahasia" sebelum kamu beneran ngoding program.

Intinya, pseudocode itu adalah cara kita nuliskan langkah-langkah program (algoritma) pakai bahasa sehari-hari yang dikit-dikit mirip bahasa pemrograman. Tujuannya? Biar kita sendiri, atau teman-teman lain yang nggak ngerti bahasa pemrograman rumit, bisa langsung paham alur kerjanya.

🧱 Kenapa Pseudocode Penting? Analoginya Resep Nasi Goreng

Bayangin gini: Kamu mau bikin Nasi Goreng Enak di dapur (dapur = komputer).

  1. Kalau kamu langsung ngide tanpa resep, pasti ada yang lupa, entah kurang garam, atau malah kebanyakan cabai. Hasilnya nggak konsisten.

  2. Kalau kamu nulis resepnya pakai bahasa pemrograman C++ atau Python (misalnya), pasti ribet!

Pseudocode itu kayak resep yang kamu tulis di sticky note, isinya:

  • JUDUL: Resep Nasi Goreng Super

  • BAHAN: Nasi, Telur, Bumbu A, Minyak.

  • LANGKAH-LANGKAH:

    1. Siapkan Wajan.

    2. Masukkan Minyak 2 sendok.

    3. JIKA Minyak Sudah Panas MAKA Masukkan Bumbu A SELESAI_JIKA.

    4. Masukkan Telur.

    5. ULANGI (Aduk Cepat) SAMPAI Telur Matang.

    6. Masukkan Nasi.

    7. Sajikan.

Lihat? Bahasa Indonesia banget, tapi ada kata-kata khusus kayak JIKA, MAKA, ULANGI, dan SAMPAI yang seolah-olah jadi perintah khusus buat si juru masak (komputer). Inilah yang bikin dia dekat dengan bahasa komputer tapi tetap mudah dibaca manusia.


🐔 Contoh Nyata di Kandang ATU SMK N 1 Kedawung Sragen: Program Pakan Otomatis

Kita ambil contoh yang lebih canggih di Unit Bisnis ATU. Kita mau buat program sederhana untuk menentukan jumlah pakan yang harus diberikan berdasarkan usia ayam.

Studi Kasus: Sistem pakan otomatis akan memberikan pakan berbeda berdasarkan fase usia ayam layer (petelur).

  • Fase 1 (Awal): Usia $\leq 8$ Minggu $\rightarrow$ Beri Pakan Starter (Kebutuhan: 40 gr/ekor/hari)

  • Fase 2 (Remaja): Usia $> 8$ dan $\leq 16$ Minggu $\rightarrow$ Beri Pakan Grower (Kebutuhan: 60 gr/ekor/hari)

  • Fase 3 (Produksi): Usia $> 16$ Minggu $\rightarrow$ Beri Pakan Layer (Kebutuhan: 110 gr/ekor/hari)

Ini dia pseudocode sederhana ala anak ATU:

PROGRAM Penentuan_Jatah_Pakan_Harian

DEKLARASI Usia_Ayam : Bilangan_Bulat (Dalam satuan Minggu) Jenis_Pakan : Teks (Hasilnya: "Starter", "Grower", atau "Layer") Jatah_Pakan : Bilangan_Bulat (Dalam satuan gram) ALGORITMA TAMPILKAN "Masukkan Usia Ayam (dalam Minggu): " BACA Usia_Ayam JIKA (Usia_Ayam <= 8) MAKA Jenis_Pakan <--- "Starter" Jatah_Pakan <--- 40 LAIN JIKA (Usia_Ayam > 8 DAN Usia_Ayam <= 16) MAKA Jenis_Pakan <--- "Grower" Jatah_Pakan <--- 60 LAINNYA Jenis_Pakan <--- "Layer" Jatah_Pakan <--- 110 AKHIR_JIKA TAMPILKAN "==================================================" TAMPILKAN "Usia Ayam: ", Usia_Ayam, " Minggu" TAMPILKAN "Rekomendasi Jenis Pakan: ", Jenis_Pakan
TAMPILKAN "Jatah Pakan per Ekor: ", Jatah_Pakan, " gram/hari"

🔍 Fokus ke Sintaks yang "Mirip Komputer":

  • DEKLARASI: Ini seperti kita mendefinisikan tipe data (memesan slot memori). Contoh: Bilangan_Bulat di dunia nyata (kode program) akan jadi integer.

  • JIKA... LAIN JIKA... LAINNYA: Ini adalah struktur kontrol utama, dikenal sebagai IF... ELSE IF... ELSE dalam hampir semua bahasa pemrograman. Ini membuat alur program kita logis dan terstruktur.

  • DAN: Ini adalah operator logika, atau disebut AND dalam kode. Ini memastikan kedua kondisi terpenuhi (usia di atas 8 DAN usia di bawah 16).

Pseudocode ini sudah sangat dekat dengan sintaks pemrograman. Tinggal ganti kata-kata kunci (seperti JIKA jadi IF, BACA jadi INPUT) sesuai bahasa yang kamu pakai (Python, Java, dll.), dan programmu sudah 90% jadi!


🚀 Kesimpulan Cepat

Pseudocode adalah jembatan antara ide di kepala kita dengan bahasa pemrograman yang kaku. Dengan ini, kamu bisa merencanakan, mendiskusikan, bahkan mencari bug (kesalahan) di alur program, sebelum beneran buang-buang waktu nulis kode rumit.

Jadi, buat kamu anak ATU di SMK N 1 Kedawung Sragen yang mau bikin program sederhana, mulai aja dari Pseudocode! Rencanakan, tulis, baru eksekusi! 

contoh pseudocode



📣 Yuk, Ngobrol di Kolom Komentar!

Gimana menurut kalian, lur? Apakah Pseudocode ini bisa membantu kalian merencanakan program monitoring kandang atau perhitungan pakan?

Punya ide program sederhana lain yang bisa kita buat Pseudocode-nya? Tinggalkan komentar di bawah ya! Saya selalu senang diskusi sama teman-teman se-jurusan!

Jangan lupa juga cek postingan lain di blog ahmdkecap.blogspot.com ini. Banyak resep ngoding, tips peternakan, dan pembahasan menarik lainnya yang sudah saya siapkan. Sampai jumpa di postingan berikutnya! 👋




Komentar

Postingan populer dari blog ini

XATU1-karakteristik ternak unggas